Friday, February 15, 2013

Peluang usaha - Digital printing / sablon modern

Peluang usaha - Digital printing / sablon modern



Usaha Digital printing adalah usaha percetakan yang menggunakan teknologi digital, Lingkup kerjanya mulai dari mendesain hingga mecetak kedalam media kertas, Plastik, kaca, dan sebagainya.

Saat ini sudah ada mesin yang hanya dengan menggunakan satu mesin itu, kita bisa mencetak ke 5 jenis media, Kaos, Topi, Kain, Mug, pin, dan sebagainya.

Kelebihan dari digital printing adalah, desain sablon nya bisa seperti foto, jadi pembeli bisa membawa file foto nya, sendiri, lalu tinggal dicetak di media yang dipilih, baik mug, piring, yopi, kaos, pin dsb. den proses pembuatannya sangat cepat, antara 10-15 menit.

jadi sangat cocok dijalankan di mall, atau tempat-tempat ramai lainnya.

Saat ini usaha digital printing sudah berkembang pesat di daerah perkotaan, seperti Jogja, Jakarta, SUrabaya dan sebagainya, tetapi di daerah atau kota kecil, usaha bidang ini masih belum tersentuh, jika anda berminat, segeralah mempertimbangkan untuk mendahului membuka usaha jenis ini, karena di kota besar, usaha jenis ini maju pesat, dan sangat ramai.

Untuk menjalankan usaha ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti :

1. Pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan :
  • Pengetahuan tentang komputer, dan software yang digunakan untuk percetakan, seperti adobe photoshop, pagemaker, indesain, corel draw, dan freehand.
  • Pengetahuan tentang jenis-jenis media cetak.
  • Kreativitas untuk mendesain grafis.
  • Informasi harga.
2. Modal yang diperlukan
  • Ruangan untuk showroom dan bekerja.
  • Perangkat komputer.
  • Printer warna.
  • Lisensi untuk membeli software komputer.
  • Meja-kursi untuk bekerja.
  • Aneka jenis dan ukuran media cetak.
  • gaji untuk desainer grafis, administrasi, dan tenaga penjualan.
  • Biaya operasional, seperti listrik, telepon, servis komputer, dan tinta printer.
3. Kiat Menjalankan Usaha
  • Tentukan media digital printer, usaha ini bisa menggunakan berbagai media, seperti kertas (undangan, poster, majalah, foto, peta), plastik atau fleksi (spanduk, banner), kaca (gelas, mug), dan kain 9kaos, payung, spanduk). Pemilihan media akan membantu Anda menentukan peralatan kerja, SDM, dan pesan dalam media promosinya.
  • Pilih lokasi yang strategis di dekat perkantoran, kampus, atau mall, pemilihan lokasi tergantung pada target konsumen Anda.
  • Rancang desain ruangan yang seefektif mungkin, misalnya ruang desain, ruang tamu, administrasi, dan peletakan peralatan.
  • Cari tenaga kerja yang bisa membantu pekerjaan anda, seperti desainer grafis, tenaga administrasi, dan penjual.
  • Beli peralatan yang diperlukan. Awalnya Anda bisa membeli dalam jumlah yang minim kemudian ditambah jika usaha makin maju.
  • Rancangan konsep pemasaran, mulai dari nama, papan nama usaha, spanduk, brosur, dan sebagainya.
Oke, jika anda berminat untuk menjalankan usaha ini, silahkan anda mengumpulkan informasi-informasinya, dan tempat mendapatkan mesin dan harga yang paling cocok.

No comments:

Post a Comment